Diposkan 18 December 2019 10:09 WIB

DESA PROKLIM DAN KAMPUNG LITERASI

Di Kabupaten Kendal terdapat Tiga Desa yang mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yakni desa limbangan dan desa gondang yang berada di kecamatan limbangan dan desa kartikajaya kecamatan patebon kabupaten kendal.

untuk desa limbangan yang diunggulkan antara lain yakni pengelolaan sampah, mata air, dan komposter.

Mata air yang berada di desa limbangan ini disalurkan ke rumah-rumah warga untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak mengering meskipun di musim kemarau.

sedangkan untuk desa gondang yang diunggulkan yakni kaerifan lokal, sumber mata air dan kegiatan tahunan Grebek alas susuk wangan. Grebek alas susuk wangan itu adalah sebuah kegiatan tradisi warga yang berkontribusi besar terhadap upaya pelestarian hutan dan sumber air melalui tradisi yang dilakukan oleh masyarakat sekitar hutan gunung ungaran secara turun temurun dengan maksud mensyukuri nikmat Allah SWT yang berupa hutan dan air yang selama ini sudah dirasakan oleh warga masyarakat sekitar Gunung Ungaran.

Desa kartika jaya merupakan desa yang berada di pesisir pantai yang mendapat penghargaan proklim. berbeda dengan dua desa di kecamatan limbangan yang berada di daerah dataran tinggi. 

sementara desa lain yang tidak kalah menarik yakni desa pegersari kecamatan patean yang disebut sebagai kampung literasi. Kampung itu tidak hanya memiliki puluhan ribu koleksi buku, Kampung literasi juga memiliki peternakan kelinci yang dapat dijadikan sebagai tempat edukasi dan cara wirausaha maupun budidaya ternak kelinci. desa pagaersari juga mendapatkan penghargaan tingkat nasional melalui Program Kampung Iklim dari Menteri Lingkungan Hidup yang diserahkan Sabtu (30/11/19) di Kabupaten Kebumen. Tepatnya di Objek Wisata Pantai Petanahan bersama dengan seluruh peserta se Jawa Tengah.

Info