Diposkan 4 October 2019 10:48 WIB

DLH KABUPATEN KENDAL GELAR AKSI RESIK - RESIK KALI

Pada hari ini, Jumat tanggal 4 oktober 2019 di sepanjang sungai buntu kendal mulai dari depan SMAN 1 sampai dengan Pasar Bugangin diadakan Aksi Resik-Resik Kali yang merupakan salah satu agenda kegiatan dalam rangka memperingati World Clean Up Day.

Aksi resik-resik kali dilaksanakan dengan melibatkan adik-adik pelajar dari SMAN 1 kendal, SMAN 2 kendal, SMKN 2 Kendal, SMA PGRI Kendal dan SMK Bina Utama Kendal serta dari UPT PSDA Bodri Kutho, relawan lingkungan dan dari DLH Kab Kendal sendiri dengan jumlah peserta sekitar 300 personil.

Aksi dipimpin langsung oleh Kepala DLH Kab Kendal Ir. Sri Purwati, M.Si yang diawali dengan apel peserta pada pukul 07.00 WIB dilanjutkan dengan resik-resik kali terutama dengan membersihkan sampah plastik disekitar sungai.

Dengan memasang slogan "Bersih kaliku Sehat Lingkunganku" diharapkan kegiatan ini dapat memberikan edukasi kepada generasi milenial/adik-adik pelajar khususnya dan masyarakat sekitar bahwa sungai bukanlah tempat sampah terpanjang, sungai tetap harus dijaga kelestariannya dan kebersihannya sehingga selain dapat mengurangi resiko penyakit juga mengurangi resiko banjir karena sebentar lagi adalah musim penghujan, sampah yang dibuang ke sungai akan mengganggu kelancaran aliran air dan menyebabkan banjir.

Kita semua tidak bisa menggantungkan pengelolaan sampah kepada pemerintah dengan pasukan kebersihannya saja, perlu keterlibatan dan kesadaran seluruh elemen masyarakat termasuk adik-adik pelajar. Salah satunya ialah semua orang harus bertanggung jawab pada lingkungannya menjaga lingkungan serta menjaga ekosistem sungai agar tetap pada fungsinya dengan cara sederhana yaitu tidak membuang sampah ke sungai. Pada acara resik-resik kali hari ini berhasil mengumpulkan sampah seberat 1118,6 Kg.

 

Info